GBLA Siap Dipakai Latihan, Sesuai Protokol Kesehatan

Top Jabar, Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sudah siap menjadi tempat latihan klub Persib Bandung dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan protokol kesehatan itu harus menjadi komitmen pihak pengelola stadion maupun pihak manajemen Persib.

“Kita juga minta komitmen, nanti kalau ini digunakan (GBLA) untuk latihan, sama sekali orang yang tidak berkepentingan dengan kegiatan latihan tidak diperbolehkan masuk,” kata Yana saat meninjau Stadion GBLA, Kota Bandung, Rabu.

Untuk mempermudah pengawasan, nantinya hanya satu pintu yang dibuka saat stadion digunakan. Selain itu, seluruh orang yang masuk baik pemain maupun pelatih, harus terap menjalani pemeriksaan suhu tubuh.
 

“Kalau dilihat simulasinya di sini relatif sudah baik, betul-betul pintu masuk hanya satu, sehingga pengawasan juga lebih baik lebih ketat, dengan tempat untuk cuci tangannya serta pemeriksaan suhu,” katanya.

Selain protokol kesehatan, menurutnya kerusakan di sejumlah bagian stadion sudah mengalami perbaikan. Maka, ia pastikan stadion sudah layak untuk digunakan.

“Saya minta pihak Persib mengajukan dulu permohonan ke Dispora, nanti Dispora yang mengizinkan atau mengurus prosesnya. Sekarang tergantung dari Persib ya, lebih cepat lebih baik,” kata Yana.

Hari sebelumnya, Manajemen Persib Bandung juga telah mengecek persiapan terakhir Stadion GBLA sebelum memulai latihan yang direncanakan digelar pada Senin pekan depan.

“Kami melihat lapangan masih dalam kondisi yang sangat baik. Bahkan stadion juga terlihat bersih, artinya mereka mempersiapkan ini dengan sungguh-sungguh untuk menyambut kembalinya Persib,” kata Pelatih Persib Robert Alberts di Bandung, Selasa (30/6).

Pengecekan itu meliputi kondisi stadion hingga penerapan protokol kesehatan agar para pemain bisa berlatih secara leluasa tanpa khawatir tertular virus penyebab COVID-19.