Bhabinkamtibmas Polsek Baleendah Kawal Pembagian BLT

Top- Jabar, Baleendah – Brigadir iwan Handayana selaku Bhabinkamtibmas Desa Bojong Malaka Kec. Baleendah merupakan Personel Polsek Baleendah Polresta Bandung lakukan pengamanan terkait pembagian BLT tahap 2 di desa Binaannya. Sabtu 30/05/2020.

Bhabinkamtibmas itu adalah Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.Pol.KEP/8/II/2009 tentang perubahan buku petunjuk lapangan Kapolri No.Pol. :BUJUKLAP/17/VII/1997 tentang sebutan Babinkamtibmas (Bintara Pembina Kamtibmas) menjadi Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) 

Fungsi Bhabinkamtibmas (Pasal 26 Perkap No 3 Tahun 2015) , Bhabinkamtibmas memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Melaksanakan kunjungan/sambang kepada masyarakat untuk : mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan.
  • Membimbing dan menyuluh di bidang hukum dan Kamtibmas untuk meningkatkan kesadaran hukum dan Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).
  • Menyebarluaskan informasi tentang kebijakan pimpinan Polri berkaitan dengan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas).
  • Mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan dan kegiatan masyarakat.
  • Memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan.
  • Menggerakkan kegiatan masyarakat yang bersifat positif.
  • Mengkoordinasikan upaya pembinaan Kamtibmas dengan perangkat desa/kelurahan dan pihak-pihak terkait lainnya.
  • Melaksanakan konsultasi , mediasi, negosiasi, fasilitasi, motivasi kepada masyarakat dalam Harkamtibmas dan pemecahan masalah kejahatan dan sosial.

Untuk itu dalam memberikan keamanan lingkungan wilayah desa binaan serta untuk memberikan pelayanan Kepada masyatakat Brigadir Iwan Hadayana lakukan pengamanan Pembagian BLT tahap 2.  Yang bertempat di Aula Desa Bojong malaka Kec. Baleendah Kab. bandung.

Pembagian BLT tahap 2 tersebut turut hadir Pula Kades Bojong malaka Bpk. H . Jajang Junaedi dan Aparat Desa Bojong Malaka .  Serta dari Kantor Pos Indonesia.

Kades Bojongmalaka Bpk.H.jajang junaedi menyampaikan pada media bahwa yang menerima BLT Tahap 2 ini berjumlah 890 KPM dan per KPM mendapatkan Rp. 600.000 Ribu rupiah.

Saat diwawancarai media Brigadir Iwan Hadayana menjelaskan Bahwa selain Melakukan pengamanan Pembagian BLT ini . Sehubungan Dengan pencegahan Penyebaran virus covid-19 menghimbau kepada masyarakat yang menerima BLT tersebut tetap diarahkan untuk menjaga jarak , serta pergunakan masker . Untuk mengedepankan Protokol Kesehatan. Guna pencegahan penyebaran virus covid -19. Dan alhamdulilah pelaksanaan pembagian BLT ini dalam keadaan aman dan kondusif .Ujar Bhabin.