Dampak Pandemi Covid-19, Polisi Ciwidey Kawal Pendistribusian BLT-DD

Top Jabar, Ciwidey – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) telah diserahkan oleh Pemerintah kepada keluarga miskin yang terdampak pandemi Covid-19 di wilayah Kecamatan Ciwidey dan Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung yang terdiri dari sepuluh desa secara serentak. Salah satunya di Desa Sukaresmi yang telah menyalurkan BLT-DD bertempat di kantor Balai Desa Sukaresmi, Jumat (22/05/2020).

Kepala Desa Sukaresmi Asep Setiawan mengatakan, bahwa penyerahan BLT DD merupakan Jaring Pengaman Sosial dari pemerintah pusat kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Pemerintah Desa Sukaresmi pada hari ini menyalurkan BLT-DD kepada 118 orang yang berhak menerima bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 600.000 setiap bulannya dalam jangka waktu tiga bulan sejak April hingga Juni 2020, dimana untuk pencairannya dilakukan secara bertahap setiap bulannya, dan untuk saat ini pemerintah Desa Sukaresmi baru menyalurkan untuk bulan April, dan selanjutnya bantuan untuk bulan Mei, kemudian bulan kedepannya pencairan bantuan untuk bulan Juni” tutur Asep.

Asep menambahkan, bahwa dengan adanya bantuan BLT-DD ini, atas nama Pemerintah Desa Sukaresmi untuk bantuan warga, Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah.

Jika pada bantuan ini masyarakat menerima tidak sesuai yang semestinya, maka warga yang telah terdaftar dan berhak menerima bisa langsung melaporkannya kepada Polsek Ciwidey. Saya berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya serta dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 ini,” tambahnya.

Sementara itu, Aiptu Nanang Kurnawarman (Danton) selaku Bhabinkamtibmas Desa Sukaresmi yang memantau dan menyaksikan langsung penyaluran BLT-DD tersebut saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa, anggaran Dana Desa (DD) untuk tahun ini memang sudah diinstruksikan Kemendes sebagian dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Bentuknya berupa bantuan langsung tunai, dan BLT-DD akan dilakukan selama tiga bulan terhitung dari April, Mei, serta Juni 2020 yang dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Bhabinkamtibmas Desa Sukaresmi Aiptu Nanag berharap para penerima bantuan tersebut menggunakan bantuan untuk membeli kebutuhan pokok serta memenuhi kecukupan gizi dan vitamin.

“Demi meningkatkan imunitas sebagai pertahanan dari Covid-19, masyarakat sangat membutuhkan sekali uluran bantuan dari pemerintah pusat dan daerah baik bahan pokok maupun bantuan materil berupa uang tunai” imbuh Aiptu Nanang.

Ditempat terpisah, Kapolresta Bandung Kombespol Hendra Kurniawan melalui Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, SH mengatakan, “Kegiatan Penyaluran BLT ( Bantuan Langsung Tunai ) kepada Warga masyarakat Yang terdampak dari Wabah Virus Corona ( Covid 19 ) di Desa Sukaresmi, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung berlangsung aman.” Ungkap Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, SH.